5 Makanan yang membuatmu tampak lebih muda

0 Comments
5 Makanan yang membuatmu tampak lebih muda

Tentang Penuaan

Penuaan menjadi salah satu bagian kehidupan manusia  sehingga siapapun akan mengalaminya dan tidak bisa dihindari. Kulit yang indah dan bercahaya tergantung pada apa yang kita makan. Masalah kulit termasuk penuaan bisa diatasi dan dicegah apabila kamu mengonsumsi makanan sehat. Beberapa makanan anti aging berikut bisa membuatmu tampak lebih muda karena mampu mengatasi kulit kusam dan garis halus.

Mengapa makanan ini dapat membuat mu tampak lebih muda

1. Ikan berlemak

Ikan berlemak menjadi makanan anti aging atau anti penuaan. Salmon menjadi salah satu ikan berlemak paling populer yang mengandung komponen yang membuat kulitmu tampak lebih muda. Ikan ini mengandung sejenis antioksidan karotenoid  yang disebut astaxanthin yang mana senyawa ini berperan dalam memberi warna pink pada salmon. Astaxanthin ini telah terbukti mampu mengatasi kulit yang rusak akibat sinar matahari. Hal ini berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan terhadap orang yang kulitnya rusak akibat sinar matahari dimana mereka diberi kombinasi antara astaxanthin dan kolagen selama 12 minggu. Hasilnya menunjukkan ada peningkatan yang signifikan dalam elastisitas dan hidrasi kulit.

Jadi, ikan berlemak dapat menghindarkan kerusakan kulit yang terjadi sebagai respon terhadap peradangan dan paparan sinar matahari. Tidak hanya bermanfaat kulit saja, kandungan asam lemak omega 3 dalam ikan berlemak juga bermanfaat melawan berbagai penyakit seperti jantung, peradangan, kolitis ulseratif, dan yang lainnya.

2. Minyak zaitun extra virgin

Minyak zaitun extra virgin menjadi salah satu lemak paling sehat di antara deretan minyak lainnya. Tidak hanya bermanfaat untuk berbagai macam penyakit saja seperti mengurangi risiko kanker, menurunkan tekanan darah, mencegah sindrom metabolik, dan mengurangi risiko penyakit jantung. Namun minyak satu ini juga dikenal sebagai produk anti penuaan.

Berdasarkan hasil penelitian, minyak zaitun dapat membantu kulit terlihat lebih muda. Hal ini dikarenakan minyak zaitun memiliki sifat anti inflamasi yang kuat pada kulit sehingga dapat melindungi dari kerusakan akibat sinar matahari.

Minyak zaitun dikemas dengan 73 persen lemak tak jenuh yang tentu saja berperan dalam meningkatkan kekencangan dan elastisitas kulit.

3. Rempah-rempah

Rempah-rempah bukan hanya sekedar digunakan untuk bumbu masakan yang menambah cita rasa saja lho, ternyata rempah-rempah juga bermanfaat sebagai makanan anti aging. Ada senyawa yang terkandung dalam rempah-rempah dapat membuat wajah tampak lebih muda. Contohnya kayu manis yang telah terbukti oleh sebuah penelitian dimana ini dapat meningkatkan produksi kolagen yang menyebabkan kulit menjadi kencang dan elastis. Ada juga cabai yang mengandung senyawa capsaicin dimana menurut hasil penelitian inilah yang dapat mengurangi beberapa perubahan terkait usia yang terjadi pada sel-sel kulit. Kemudian ada jahe yang memiliki kandungan gingerol yang sifatnya anti inflamasi. Efek anti inflamasi inilah yang mampu mencegah munculnya bintik-bintik penuaan akibat paparan sinar matahari.

4. Kaldu tulang

Kaldu tulang baik berasal dari daging, ikan, dan unggas bermanfaat untuk mendukung kesehatan kulit. Saat tulang dimasak dalam air, mineral dan komponen bermanfaat lainnya seperti kolagen  dilepaskan. Setelah kolagen terurai, ini akan menjadi gelatin yang kaya akan prolin, asam amino, dan hidroksiprolin. Asam amino yang terserap oleh tubuh akan membentuk kolagen baru di kulit.

Kolagen tentu sangat bermanfaat bagi kulit untuk meningkatkan elastisitas kulit, menjaga kelembaban dan kekencangan, serta mengurangi kerutan.

5. Coklat hitam

Coklat hitam terkenal akan antioksidannya yang tinggi bahkan melebihi kandungan yang ada pada berry, cranberry, dan blueberry. Kandungan antioksidan yang ada pada coklat disebut flavonoid yang mampu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.  Berdasarkan hasil penelitian, kandungan flavonoid yang tinggi pada coklat hitam membuat aliran darah yang mengalir ke kulit lebih baik sehingga membuat kulit semakin terhidrasi, tebal, dan halus.

Manfaat lainnya yang terkandung dalam coklat hitam adalah mampu meningkatkan sensitivitas insulin, meningkatkan fungsi arteri, dan mengurangi tekanan darah.