Hal yang bisa dan tidak bisa dilakukan timun untuk perawatan kulit 

0 Comments
Hal yang bisa dan tidak bisa dilakukan timun untuk perawatan kulit 

Tentang perawatan kulit

Timun sangat nikmat untuk dimakan langsung atau diolah sebagai salad dan ini juga menyehatkan termasuk untuk kulit. Timun mengandung 96 persen air yang menjadikannya mampu menghidrasi kulit sehingga banyak dijadikan sebagai bahan tambahan perawatan kulit.

Tidak seperti tumbuhan lain yang memiliki efek samping bagi kulit yang sensitif timun justru aman untuk kulit sensitif karena tidak mengandung bahan yang kasar dan berpotensi mengiritasi. Timun menutrisi dari luar melalui produk perawatan yang diaplikasikan ke kulit. Kandungan vitamin C dan asam caffeic yang terkandung dalam timun membantu melawan peradangan di wajah dan memberikan efek positif juga untuk meremajakan kulit.

Timun memang dikenal sebagai bahan alami untuk perawatan kulit, namun ada beberapa hal yang bisa dan tidak bisa dilakukan timun untuk kulit.

Hal yang bisa dilakukan timun untuk kulitmu

Timun mengandung sejumlah nutrisi yang dapat bermanfaat bagi kulitmu. Beberapa hal yang bisa dilakukan timun untuk kulit antara lain:

1. Mengatasi jerawat

Timun bersifat astringen ringan yang dapat membantu membersihkan kulit dan mengencangkan pori-pori sehingga mampu membantu mengurangi jerawat. Perlu diketahui bahwa jerawat timbul karena pori-pori tersumbat akibat kulit berminyak dan sel kulit mati.

2. Menenangkan iritasi kulit

Karena timun mengandung 96 persen air, ia mampu memberikan efek pendinginan dan anti inflamasi. Efek inilah yang mampu membantu meringankan rasa sakit, kemerahan, ataupun iritasi yang disebabkan oleh paparan sinar matahari, ruam, dan gigitan serangga.

3. Meremajakan kulit

Menaruh irisan timun di atas kulit atau mengoleskan jus timun di kulit terutama di bawah mata dapat membantu mengurangi bengkak pada mata sekaligus meremajakan kulit yang tampak lelah. Kandungan asam folat dan vitamin C dalam timun lah yang membantu mengurangi pembengkakan pada kulit. Terkadang, kulit atau mata bengkak karena efek melawan racun  atau karena keadaan kurang tidur.

4. Membantu mencegah penuaan dini

Timun mengandung sejumlah komponen antioksidan dimana berdasarkan penelitian, antioksidan inilah yang merupakan bahan yang membuat kulit tampak lebih muda karena kerutan akan tersamarkan. Asam folat dan vitamin C dari timun juga mampu memfasilitasi pertumbuhan sel baru dan melawan racun yang berasal dari lingkungan luar. Komponen  dalam timun inilah yang membuat kulit terlihat lebih sehat, kencang, dan tidak terlihat menua sebelum waktunya.

Hal yang tidak bisa dilakukan timun untuk kulitmu

Walaupun timun memiliki beberapa manfaat untuk kulit ternyata ada hal yang tidak bisa dilakukan timun untuk kulitmu diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Melembabkan kulit

Memang benar jika timun mengandung banyak air bahkan 96 persen, namun ternyata air saja tidak pernah cukup sebagai pelembab. Bahkan produk perawatan timun yang tidak ada tambahan pelembab justru akan mengakibatkan penurunan hidrasi. Oleh karena itu sangat penting untuk menindaklanjuti langkah perawatan kulit dengan pelembab yang menghidrasi kulit.

2. Membuat kulit putih

Jangan pernah percaya bahwa perawatan hanya dengan timun dapat menyebabkan kulit cerah bahkan menjadikan kulit gelap menjadi putih. Sebab, sampai saat ini tidak ada penelitian yang menunjukan bahwa timun mampu membuat kulit menjadi putih dan cerah. Kulit putih dan cerah secara alami disebabkan karena adanya pergantian sel mati dengan cara pengelupasan atau karena produksi sel-sel kulit yang baru sehingga bintik-bintik gelap menjadi cerah.

3. Memberikan cukup vitamin untuk kulit

Timun memang mengandung beberapa vitamin seperti B, C, dan K serta antioksidan. Namun jumlahnya tidak cukup tinggi karena timun mengandung lebih banyak air. Oleh karenanya mungkin patut dipertanyakan bagaimana vitamin ini mengatasi masalah kulit.